Publikasi

Manajemen Bisnis UK Petra Juara III AUSCA 2018
05 Des 2018
Tiga mahasiswi semester 5 Manajemen Bisnis yaitu Fenny Jie, Audrey Halim, dan Gracia Stefani berhasil menjadi merebut juara III pada Airlangga Urban Social Community Awards (AUSCA) 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, Surabaya. Kompetisi yang diselenggarakan di pada tanggal 23-24 Nopember ini diikuti oleh 108 kelompok penulis essay dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Tim Manbis UK Petra berhasil masuk menjadi 10 besar sebagai finalis dan berhak terjun untuk langsung mempertajam ide dalam essaynya secara langsung.
 
Sebelum melakukan presentasi di Universitas Airlangga, seluruh tim finalis mengunjungi desa Jolosutro di Kabupaten Blitar untuk meninjau dan mengasah ide mereka dalam hal pengabdian masyarakat. Melalui hasil penelusuran ide dan gagasannya, ketiga srikandi ini menyimpulkan bahwa dalam menuju kesiapan masyarakat menuju persaingan ekonomi di era Industry 4.0, para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan hasil laut harus dapat memulai memanfaatkan atau belajar menggunakan produk-produk digital yang dapat mendukung kegiatan perekonomian mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan platform jual beli digital seperti Tokopedia dan Bukalapak serta berbagai fitur media sosial yang tenar digunakan masyarakat Indonesia secara luas. Dengan gagasan ini, para nelayan maupun pelaku bisnis UMKM hasil laut lainnya diharapkan dapat memberikan kekuatan ekonomi baru untuk menciptakan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.
 
Oleh karena gagasan berbasis ekonomi digital ini, Fenny, Audrey, dan Grace mendapatkan gelar juara III dalam kompetisi tersebut dan berhasil mengungguli universitas lainnya seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Adapun juara I dan II masing-masing direbut oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gajah Mada. Bravo, Fenny, Audrey, dan Grace!
Baca lebih lanjut>
Lompatan Prestasi Manbision Ambassador Nopember 2018
12 Nov 2018

Memasuki Bulan Nopember 2018, Progran Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra mencatatkan lompatan prestasi di lingkungan eksternal kampus yang ditorehkan oleh sejumlah mahasiswa yang merupakan duta program manajemen bisnis atau Manbision Ambassador. Daniel Liaw, mahasiswa semester 5 sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Petra, berhasil menuliskan opininya yang berjudul "Dicari, Pebisnis Muda Heroik" di laman Suara Kampus harian Jawa Pos edisi 10 Nopember 2018. Dalam tulisannya, Daniel mengutarakan bahwa aksi heroik yang dapat ditunjukkan oleh pemuda di era post-modern saat ini salah satunya adalah dengan menjadi pebisnis muda memiliki rasa cinta tanah air yang kuat. Melalui tangan para pebisnis muda heroik yang memiliki visi yang luhur untuk membangun bangsa, taraf hidup masyarakat di bidang ekonomi tentu akan meningkat mendekati angka kesejahteraan yang baik. Pebisnis muda heroik akan berkontribusi melalui gagasan-gagasan, jiwa semangat dan inovasinya yang bernilai mulia bagi kemajuan negeri Indonesia bukan hanya sekedar mencari keuntungan pribadi dan golongan. Harapan Daniel dalam artikelnya adalah munculnya para pebisnis muda Indonesia yang berjiwa heroik agar produk Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan menjadi kebanggaan bersama sebagai aset bangsa. Torehan ini menjadi momen yang unik karena bertepatan dengan topik peringatan hari pahlawan dan penulis opini terpilih adalah Daniel Liaw yang merupakan mahasiswa asal Kota Pahlawan yang sedang duduk di bangku kuliah di Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Torehan prestasi lainnya dicatatkan oleh tiga mahasiswi semester 5 Manajemen Bisnis yaitu Fenny Jie, Audrey Tanri Halim, dan Gracia Stefani. Ketiga srikandi ini berhasil menjadi finalis penulis essay pada Airlangga Urban Social Community Awards (AUSCA) 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, Surabaya. Pada Essay Competition yang bertemakan pengabdian masyarakat berbasis digital movement ini, mereka berhasil menyisihkan banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Karena telah berhasil menjadi salah satu dari sepuluh finalis, mereka akan mempresentasikan hasil pemikirannya di pekan ketiga bulan Nopember 2018 ini. Dalam tulisannya, Fenny, Audrey dan Gracia memberikan solusi untuk menciptakan service ecosystem dalam ekonomi hasil laut seperti abon ikan yang berbasis digital di desa Jolosutro, Kabupaten Blitar. Dalam menuju kesiapan masyarakat menuju persaingan ekonomi di era Industry 4.0, mereka menilai bahwa para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan hasil laut harus dapat memulai memanfaatkan atau belajar menggunakan produk-produk digital yang dapat mendukung kegiatan perekonomian mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan platform jual beli digital seperti Tokopedia dan Bukalapak serta berbagai fitur media sosial yang tenar digunakan masyarakat Indonesia secara luas. Dengan gagasan ini, para nelayan maupun pelaku bisnis UMKM hasil laut lainnya diharapkan dapat memberikan kekuatan ekonomi baru untuk menciptakan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

Terima kasih, Daniel, Fenny, Audrey, dan Gracia!

Baca lebih lanjut>
Welcome to the 2nd i-CoME 2018
10 Apr 2018

 

The 2nd International Conference on Management and Entrepreneurship 2018

Cultivating the Spirit of Sustainability, Innovation, & Governance for Businesses around the World
Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta, 26th – 28th July 2018

 

The year 2018 is marked by many business scholars as the disruptive era, in which the future cannot be solely based on either the historical pattern or conventional wisdom. In other words, the historical performance can no longer serve as the guidance to make the future decision. The drastic increase in online business transactions and the shift in consumer spending are some examples to mark the disruptive era. Innovation and sustainability are becoming the driving engines for many corporations to strive in this more complex globalized market. As businesses are moving across national and cultural borders, good corporate governance is also playing an important role to guarantee the sustainability of the business.

With this current condition, The Business Management Program of Petra Christian University conducts the second international conference on management and entrepreneurship (2nd i-CoME) to address the issues on innovation, sustainability, and governance. This conference is made possible with the support of Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management & Entrepreneurship), a nationally accredited scientific journal, and several other nationally and internationally accredited journals. The conference will present seven keynote speakers from six different countries; Indonesia, Malaysia, Taiwan, France, Mexico, and Singapore.

This conference is also calling for research articles and papers from scholars, researchers, and students from all over the world. There are six sub-themes with various topics covering on management and entrepreneurship that are ready to explore and discuss. The conference will be a forum where fellow academics share experience, exchange knowledge, work hand-in-hand, utilize a new technology, and find managerial solutions for a better business world. The detailed information is available in the i-come 2018 website.

Baca lebih lanjut>
International Study Excursion 2017
15 Jan 2018

Dibuka untuk semua jurusan!

Bisnis Manajemen program mempersembahkan: International Study Excursion 2017, "Create your way to predict your future".

  • Tempat: Jepang
  • Tanggal: 24 Februari- 5 Maret 2017
  • Biaya: Rp. 22.500.000

Tempat yang akan dikunjungi:

  1. Tokyo (Asukuza Kannon Temple, Nakamise Street, Imperial Palace, Disneysea)
  2. Hakone (Gotemba Outlet Premium)
  3. Toyohashi (Mt. Fuji, Snowland Yeti)
  4. Kyoto (Kiyomizu Temple, Fushimi Inari Shrine & Yasaka Shrine)
  5. Osaka

Untuk Informasi lebih lanjut dan pendaftaran:

CP:

  • (line) mel_meilinda (Melinda Gunawan)
  • (line) alex.s.100 (Michael Alexander) 
Baca lebih lanjut>
Farewell & Gathering Manbisions
15 Jan 2018

Acara perpisahan Manajemen Bisnis mempersembahkan: "Business Gathering and Networking". 

  • Tanggal: 22 Februari 2017
  • Waktu: 18.00-21.00
  • Tempat: Kowloon Palace International Restaurant (Plaza Surabaya 5th floor)

Dengan pembicara, Johan Yan, Commisioner Director of PT. Total Quality Indonesia.

Pendaftaran akan dibuka mulai pada tanggal 13 Februari 2017 sampai dengan 19 Februari 2017 di selasar T2, dengan biaya registrasi Rp.50.000.

Untuk info lebih lanjutnya, dapat langsung menghubungi:

CP:

  • (line) ivana1030 (089654997147)
  • (line) veveleuw (092139803536)
Baca lebih lanjut>
i-CoME
15 Jan 2018

Selamat Datang di i-CoME

(Konferensi Internasional tentang Manajemen dan Kewirausahaan)

Mempromosikan Inovasi, Keberlanjutan & Tata kelola untuk Bisnis kelas dunia yang lebih baik. 

Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali, 13-15 Juli 2017

Zona perdagangan bebas dan teknologi informasi yang canggih telah membentuk dunia bisnis saat ini lebih banyak ketidakpastian dan tantangan bagi manajemen. Inovasi dan keberlanjutan menjadi mesin penggerak bagi banyak perusahaan untuk berusaha di pasar global yang lebih kompleks. Seperti banyak perusahaan yang bergerak melintasi perbatasan nasional dan budaya, tata kelola perusahaan yang baik juga memainkan peranan penting untuk menjamin keberlangsunagan usaha.

Dengan situasi saat ini, Program Manajemen Bisnis dari Universitas Kristen Petra melakukan konferensi internasional pertama pada manajemen dan kewirausahaan untuk mengatasi masalah inovasi, keberlanjutan, dan Tata kelola bisnis. Konferensi ini mendapat dukungan dari Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan), yaitu sebuah jurnal ilmiah nasional terakreditasi, dan beberapa jurnal nasional dan internasional terakreditasi lainnya. Konferensi akan menghadirkan tujuh pembicara dari enam negara yang berbeda; Indonesia, Malaysia, India, Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Konferensi ini juga menyerukan tentang artikel penelitian dan makalah dari para sarjana, peneliti, dan mahasiswa dari seluruh dunia. Ada enam sub-tema dengan berbagai topik yang mencakup manajemen dan kewirausahaan yang siap untuk diekspolari dan didiskusikan. Konferensi ini akan menjadi forum di mana sesama akademisi dari berbagi pengalaman bertukaran pengetahuan dan mencari solusi manajerial untuk dunia bisnis yang lebih baik. Informasi yang rinci tersedia dalam situs i-CoME berikut ini.

(http://i-come.petra.ac.id)

 

Baca lebih lanjut>
PETRA BUSINESS FESTIVAL 2016
15 Jan 2018

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-10, Program Manajemen Bisnis mengadakan sebuah acara "Petra Business Festival" pada tanggal 21 dan 22 Mei 2016 di Grand City, Surabaya. Melalui kegiatan ini, Program Manajemen Bisnis ingin memberikan kontribusi pada masyarakat Surabaya yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa, dengan mengandeng CIMB Niaga Academy Goes to Campus. Acara ini terdiri dari serangkaian aktivitas yang terintegrasi yang dipersembahkan bagi pengembangan bisnis di Surabaya. Acara terdiri dari lomba inovasi bisnis, interactive talkshow, business expo dan pameran aktivitas laboratorium Inkubasi Bisnis. Kompetisi inovasi bisnis ditujukan untuk melatih kesiapan berbisnis para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA. Kompetisi bisnis ini akan mengasah kemampuan bisnis para peserta agar kelak dapat menciptakan bisnis-bisnis yang kreatif, berkualitas, dan menarik konsumen. Interactive talkshow akan memberikan wawasan pada peserta bagaimana kisah sukses dan perjalanan membangun sebuah  bisnis. Business expo akan mendukung edukasi bisnis keluarga pada masyarakat agar memahami bagaimana keunggulan sumber daya bisnis keluarga sehingga dapat mempertahankan bisnis  secara lintas generasi.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-7 dari 7 item.